Tuesday, December 13, 2016

MAKAM RAJA-RAJA PARSI


Di sebelah utara dari kota kuno Persepolis di Iran terdapat sebuah tebing yang indah bernama 'Naqsh-i-Rustam'.
Makam tebing ini memiliki pintu besar untuk masuk di dinding tebing. Ada 4 pintu masuk besar yang juga dikenali sebagai 'Persilangan Parsi'.
Ukiran-ukiran di dindingnya dibuat dengan teliti dan sempurna. Di dalam pintu masuk, anda akan menemui sebuah ruangan kecil di mana terletaknya makam raja, tapi sekarang sudah kosong.
Empat makam milik raja Achaemenid yang diukir pada permukaan batu dan berada pada ketinggian beberapa meter di atas tanah.
Makam ini dikenali sebagai 'salib Parsi', sesuai dengan bentuk muka pintu masuk. Pintu masuk makam masing-masing di pusat setiap salib/palang, yang membuka ke ruang kecil, di mana raja terbaring di keranda.
Salah satu makam yang telah dikenalpasti melalui sebuah prasasti/inskripsi adalah makam Darius I Agung (522-486 SM).
Tiga makam yang lain pula diyakini adalah makam Xerxes I (486-465 SM), Artahsasta I (465-424 SM) dan Darius II (423-404 SM).
Makam terakhir yang belum dikenalpasti dijangka sebagai makam Artahsasta III atau makam Darius III (336-330 SM), raja terakhir dari dinasti Achaemenid.
Di luar makam ada ukiran orang dan kuda yang merupakan prasasti tertua yang pernah tercatat. Sekarang 'Naqsh-i-Rustam' merupakan daya tarikan pelancongan dan cara yang bagus untuk mengenal sejarah dan budaya Parsi kuno.
















-Debu-

No comments:

Post a Comment